KABAR IJEN TERKINI

11 June 2020 42x Articles

Home » Articles » KABAR IJEN TERKINI

hello sahabat traveller

apa kabar kalian saat ini, semoga kalian dalam keadaan sehat dan di jauhkan dari wabah corona. mungkin sebagian besar kalian saat ini sangat merindukan indahnya alam kita, sabar dulu ya sob! mudah-mudahan dalam waktu dekat semua kawasan wisata alam akan di buka kembali.. aminnn

kali ini saya coba kabarkan tenntang kawasan taman wisata alam kawah ijen….

Pandemi covid 19 membuat Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen,  ditutupSejak ditutup Maret 2020, tak ada satupun wisatawan yang diizinkan untuk memasuki kawasan Kawah Ijen.

Namun sedkit ada kabar gembira bahwa kawah ijen akan segera di buka kembali, berikut kupasan berita dari media online detik.com

Banyuwangi –

Pandemi virus Corona membuat Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen ditutup. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur menyebut segera membuka destinasi wisata yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso ini.

Sejak ditutup Maret 2020, tak ada satupun wisatawan yang diizinkan untuk memasuki kawasan Kawah Ijen. Kepala Seksi Konservasi Wilayah V BKSDA Jawa Timur, Purwantono, ancang-ancang untuk menyambut new normal.

“Wacananya begitu menyambut new normal itu. Nanti akan ada pengumuman resminya melalui surat yang dikeluarkan,” ujar Purwantono kepada wartawan, Sabtu (6/6/2020).

Pada saat pembukaan nanti, kata Purwantono, Kawah Ijen bakal mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Salah satunya, adanya pembatasan pengunjung dengan memberlakukan sistem kuota.

“Hasil kajian yang dilakukan BBKSDA rencananya dalam sehari akan dibatasi maksimal 450 pengunjung,” ujar Purwantono.

Itu pun pengunjung tak bisa bersamaan melakukan pendakian. BKSDA Jatim akan membagi pendakian sebanyak dua kali saja dalam sehari. Sehingga, dalam setiap kali pendakian maksimal hanya 225 orang saja.

Untuk waktu pendakian yang rencananya akan diterapkan yakni pukul 03.00 WIB s/d 08.00 WIB untuk shift pertama. Adapun untuk shift kedua yakni mulai pukul 08.00 WIB s/d 13.00 WIB.

“Dalam beberapa pertemuan sudah disampaikan pendakian ke Ijen dijadwalkan akan dilakukan dua kali sehari,” dia menambahkan.

Purwanto menyebut bagi pengunjung yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Ijen nantinya bisa melakukan pemesanan tiket lebih dahulu. Tiket bisa dipesan secara online.

“Booking online. Waktu pemesanan tiket akan diinformasikan lebih lanjut oleh pihak BBKSDA,” dia menegaskan.

Kawah Ijen merupakan salah satu ikon wisata Banyuwangi. Selain memiliki danau kawah terluas di dunia, Kawah Ijen juga terkenal akan api biru atau blue fire yang menyala sepanjang tahun.

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

Contact Us

If you have any questions, please contact us.