Home » Articles » 3 KEUNIKAN KAWAH IJEN YANG WAJIB DI KUNJUNGI

Kawah Ijen adalah gunung api aktif  yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Gunung ini memiliki ketinggian 2.386 Mdpl, kawah ijen  berdampingan dengan Gunung merapi, ( kawasan cagar alam BKSDA Jatim ). Kawah ijen  terakhir meletus pada tahun 1999. Kawah ijen merupakan gunung api yang memiliki keunikan tersendiri, Salah satu fenomena alam yang paling popular adalah blue fire.  Untuk mencapai kawah ijen dapat di tempuh dari Kota Banyuwangi dan Kota Bondowoso.

Suhu di Kawah Ijen berada di antara 2°C – 12°C, di timbal  lagi angin di kawah ijen  ini sangat kencang yang menjadikan udara dingin semakin menusuk tulang.

Untuk mencapai kawah ijen relatif mudah dan jalur pendakiannya hanya 3,8 km, dengan jalur yang sudah sangat jelas, dari pos paltuding hingga puncak ijen hanya satu jalur. Namun begitu jangan pernah anggap enteng ketika kamu melakukan pendakian, persiapkan segala sesuatu yang di butuhkan dalam pendakian.

Keindahan kawah ijen sudah terkenal di dunia, apalagi kalian para penggila jalan-jalan, berikut beberapa keindahan kawah ijen

1. Blue fire.

blue fire atau api biru merupakan fenemena alam yang terjadi di kawah ijen dan bisa di lihat hanya pada saat langit gelap ( dari pukul enam sore hingga jam 4 pagi, fenomena alam ini terjadi karena terbakarnya belerang yang di sebabkan panas bumi). Banyak sumber mengatakan kalo blue fire ada 2 di dunia tapi tidak ada sumber pasti tentang hal itu, saya berani menyatakan kalo blue fire hanya ada satu di dunia yaitu di Kawah ijen

blue fire

2. Danau ter asam di Dunia

secara  fisik dan kimia danau kawah berbeda-beda, tergantung pada aktivitas vulcanic serta interaksi batuan dengan cairan antara permukaan magma dan situasi di bawah permukaan. Perubahan kondisi danau menunjukkan dinamika  proses yang terjadi di danau karena berbagai proses fisika dan kimia terjadi dalam waktu bersamaan. Danau kawah berfungsi pula sebagai “kondensator” panas dan saringan gas yang keluar dari magma.

Danau kawah ijen memiliki PH rendag 0,5 sehingga tidak ada makhluk yang hidup di dalam danau tersebut, danau kawah ijen juga mengandung gas belerang ( H2S dan SO2 ) Danau kawah ijen berwarna hijau cerah.

3. Sunrise

Sunrise di kawah ijen akan terlihat pada Pukul 05.10 pagi, namun itu tergantung pada perubahan rotasi matahari

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

Contact Us

If you have any questions, please contact us.